Monday 7 December 2015

Ternyata Menuntut Ilmu Lebih Utama dari Ibadah

http://bagus-edi.blogspot.co.id
Sebagai seorang muslim kita harus senantiasa menyembah Allah sebagai rasa syukur atas nikmat yang telah Dia berikan. Oleh karena itulah kenapa ibadah memiliki peran penting dalam meningkatkan keimanan kita. Tapi, ternyata ada beberapa pendapat yang mengatakan jika menuntut ilmu lebih utama dari ibadah. Simaklah artikel ini untuk penjelasan lebih lanjut.

Alasan Mengapa Menuntut Ilmu Lebih Utama Dari Ibadah
Sebuah hadits berisi sabda Rasul menjelaskan bahwa menuntut ilmu adalah salah satu kewajiban kita sebagai muslim. Selain hadits tersebut, masih banyak dalil-dalil yang bercerita mengenai menuntut ilmu lebih baik daripada ibadah. Hal ini menjadi penyemangat tersendiri bagi seorang muslim untuk mengisi waktu luang dengan mempelajari Al-Qur’an atau hadits karena dengan hal ini kita menjadi seorang hamba yang mengarapkan ridho Allah.  Terdapat beberapa keutamaan menuntut ilmu dalam Al-Qur’an dan Hadits, yaitu:

1. Sebagai seorang hamba, ilmu adalah tanda kebaikan
Dalam beberapa dalil telah dijelaskan bahwa sebagai seorang muslim kita diwajibkan untuk menuntut ilmu di jalan Allah. Apabila kita melakukannya maka kita melakukan perintah Allah dan menjadi seorang hamba yang bertaqwa. Ketika seorang hamba mempelajari dalil-dalil dalam AL-Qur’an dan hadits maka ia akan dapat memanfaatkan ilmu tersebut dalam kebaikan. Selain itu, kita ilmu agama ini dapat mendukung kita dalam berperilaku. Karena sesungguhnya kita tidak diperbolehkan melakukan sesatu tanpa mengetahi dasar ilmunya.

2. Ilmu merupakan cahaya
Ilmu yang dimaksud di sini adalah ilmu agama yang dapat mengantarkan kita pada pengetahuan agama yang lebih baik. Hal ini akan mengantarkan kita pada ridho Allah sehingga Dia akan senantiasa menuntun kita dalam kebaikan atau jalan kebenaran. Oleh karena itu, ilmu dapat disebut sebagai cahaya karena ia dapat menerangi jalan kita agar selalu berada di ridho Allah.

3. Ilmu lebih utama daripada ibadah
Hari ini ilmu lebih baik daripada amal bahkan penting dalam menjalani kehidupan. Ilmu dapat menuntun kita ke arah kebaikan. Alasan kenapa ilmu lebih utama karena dengan mempelajari ilmu agama kita dapat melaksanakan suatu amalan berdasarkan ilmu yang jelas. Selain itu, kita dapat mengajarkannya pada orang lain sehingga dengan ilmu kebenaran kita dapat menyalurkan kebaikan kepada orang lain. Bahkan dalam sebuah hadits dijelaskan bahwa menuntut ilmu yang seperti ini akan lebih baik daripada ibadah shalat sunnah sekalipun.

4. Ilmu agama akan menyelamatkan dari adzab Allah
Sebuah hadits menjelaskan bahwa segala apa yang ada di dunia ini terlaknat oleh Allah, kecuali hamba-Nya yang selalu berdzikir dan beramal baik atau belajar. Dari hadits ini diketahui bahwa jika kita menuntut ilmu maka kita akan terhindar dari laknat dan adzab Allah. Ilmu agama kita dapat menjadi dasar untuk berperilaku baik sehingga akan memasukkan setiap hamba-Nya ke dalam umat yang mengharapkan ridho Allah.

5. Menuntut ilmu merupakan jalan menuju surga
Menuntut ilmu dapat mengantarkan kita untuk masuk surga. Seperti yang telah kita ketahui, menuntut ilmu syar’i adalah salah satu kewajiban bagi umat manusia. Berdasarkan ilmu tersebut kita dapat membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Hal ini akan memudahkan kita dalam melangkah atau menjalani kehidupan di dalam ridho Allah. Kita menjadi lebih banyak melakukan kebaikan sehingga menghapuskan dosa dan menjadi jalan untuk memudahkan kita masuk surga.

#Sumber




Daftar Gratis Download Theme Premium, SEO Friendly, Free Support, Free Setup




Jasa Pembuatan Skripsi




JUAL RIBUAN THEME WORDPRESS 150K KLIK DISINI


Download Gratis Template Premium


KULINER NUSANTARA


0 comments

Post a Comment