Thursday 12 February 2015

Makanan terasa hambar saat usia menua?

Menjadi tua pasti akan terjadi dalam kehidupan setiap orang. Begitu pula dengan Anda. Dan sudah bisa ditebak, bahwa penuaan tak hanya mengubah fisik Anda namun juga mempengaruhi fungsi tubuh serta kesehatan tubuh.

Salah satu hal yang terkena dampak dari penuaan ini adalah indera perasa atau lidah Anda. Dilansir dari dailymail.co.uk, penelitian yang dilakukan oleh seorang nutrisionis bernama Karen Poole ini mengatakan bahwa mereka yang berusia lanjut cenderung mengonsumsi makanan dengan rasa yang kuat dan tajam sebab tingkat sensitivitas indera perasa mereka menurun.

"Secara biologis dan seiring dengan pertambahan usia, tingkat regenerasi sel yang bertugas untuk merasakan makanan akan berkurang. Dan hal tersebut akan mempengaruhi manusia dalam merasakan rasa suatu makanan. Itulah sebabnya para orang tua Anda cenderung mengonsumsi rasa yang tajam baik itu asin, gurih, ataupun manis," terangnya. "Sebaliknya, indera perasa bayi dan anak-anak sangatlah sensitif sehingga jika Anda mengonsumsi makanan bayi, maka bagi Anda rasa masakan tersebut adalah tawar."

"Karena hal itulah, bukan berarti Anda bebas mempersilahkan orang tua Anda untuk menambahkan gula, garam atau bahkan MSG dalam makanan dengan jumlah yang berlebihan. Sebab penambahan zat tersebut akan memicu risiko penyakit kronis. Sebaliknya, gantilah konsumsi makanan segar yang mempunyai rasa alami yang enak," sarannya.
merdeka.com

Daftar Gratis Download Theme Premium, SEO Friendly, Free Support, Free Setup

0 comments

Post a Comment